30 Apr 2010

TUGAS 8 (organisasi dan metode)

1. Mengapa pendelegasian wewenang merupakan kunci dari organisasi?

Jawab :
Pendelegasian wewenang merupakan proses pembagian kerja,pengelompokan tugas seorang manajer sedemikian rupa, sehingga akhirnya manajer hanya mengerjakan bagian pekerjaan yang tidak dapat diserahkan kepada para bawahannya, berhubung posisinya dalam organisasi.

suatu proses yang bertahap, yang juga merupakan jalinan hubungan antara fungsi-fungsi yang ada dalam organisasi. Dengan demikian maka proses Pendelegasian wewenang itu merupakan hubungan atasan dengan bawahan, merupakan mata rantai yang terus-menerus bersambung. Dan pendelegasian kunci dari organisasi agar pekerjaan dapat menghasilkan yang baik.


2. Mengapa atasan tidak mau mendelegasikan wewenang kepada bawahnya dan mengapa pula bawahan tidak mau menerima pendelegasian dari atasannya ?

Jawab :
Atasan tidak mendelegasikan keada bawahan :
• Adanya kecenderungan pada manusia untuk ingin melaksanakan hal-hal tertentu secara pribadi.
• Kurang menghayati peranan manajerial, apabila mereka di promosikan ke tingkat manajerial.
• Perasaan takut diekspose. Delegasi dapat mengungkapkan banyak kelemahan manajerial, prosedur, metode-metode, yang kurang tepat terungkapkan.
• Penerimaan teori bahwa orang tidak dapat diganti. Secara tidak sadar seorang manajer/ pemimpin mungkin merasa/ berperasaan bahwa ia adalah seorang yang tidak dapat diganti dalam lingkungan organisasi yang bersangkutan.
• Keengganan untuk menaggung risiko. Untuk dapat melaksanakan delegasi wewenang dengan baik, perlu pihak yang melakukannya menaggung risiko bahwa seorang bawahan dapat membuat keputusan yang salah. Risiko demikian harus dihadapi apabila kita berkeinginan mendapatkan manajer-manajer yang berpengalaman.
• Keinginan untuk mendominasi (berkuasa). Para manajer tertentu mempunyai keinginan yang kuat sekali untuk mempengaruhi pihak lain; mereka ingin menunjukkan kehebatan mereka dalam pertemuan-pertemuan organisasi/perusahaan.
• Sikap atau pandangan bahwa pihak bawahan tidak mampu menggunakan wewenang dengan tepat.



bawahan tidak mau menerima pendelegasian dari atasan :
• pada saat sang bawahan memutuskan untuk menjalankan apa yang diperintahkan oleh atasannya, dia meyakini bahwa apa yang diperintahkan konsisten atau tidak bertentangan dengan rencana pencapaian tujuan organisasi
• pada saat sang bawahan memutuskan untuk menjalankan apa yang diperintahkan oleh atasannya, dia meyakini bahwa apa yang diperintahkan konsisten mendukung nilai, misi, maupun motif pribadi atau kelompoknya
• sang bawahan mampu secara mental maupun fisik menjalankan apa yang diperintahkannya

3. Mengapa tanggung jawab tidak dapat didelegasikan ? Jelaskan !

Jawab :
tanggung jawab tidak dapat didelegasikan kepada bawahan. Pemimpin atau delegator tetap harus bertanggung jawab terhadap wewenang yang didelegasikannya, walaupun setiap deleget yang telah menerima wewenang, harus mempertanggungjawabkannya kepada delegator, penanggung jawab terakhir tetap berada di tangan delegator.
Wewenang yang dapat didelegasikan seorang pemimpin, hanyalah wewenang resmi (formal authority) saja, sedangkan wewenang pribadi (personal authority, wibawa pemimpin) tidak dapat didelegasikan kepada bawahannya.


4. Menurut Sumbernya kekekuasaan itu terbagi 6 ? Sebutkan dan jelaskan !

Jawab :
sumber kekuasaan menurut John Brench dan Bertram Raven, yaitu :
1. Kekuasaan menghargai (reward power)
Kekuasaan yang didasarkan pada kemampuan seseorang pemberi pengaruh untuk member penghargaan pada orang lain yang dipengaruhi untuk melaksanakan perintah. (bonus sampai senioritas atau persahabatan)
2. Kekuasaan memaksa (coercive power)
Kekuasaan berdasarkan pada kemampuan orang untuk menghukum orang yang dipengaruhi kalau tidak memenuhi perintah atau persyaratan. (teguran sampai hukuman).
3. Kekuasaan sah (legitimate power)
Kekuasaan formal yang diperoleh berdasarkan hukum atau aturan yang timbul dari pengakuan seseorang yang dipengaruhi bahwa pemberi pengaruh berhak menggunakan pengaruh sampai pada batas tertentu.
4. Kekuasaan keahlian (expert power)
Kekuasaan yang didasarkan pada persepsi atau keyakinan bahwa pemberi pengaruh mempunyai keahlian relevan atau pengetahuan khusus yang tidak dimiliki oleh orang yang dipengaruhi. (professional atau tenaga ahli).
5. Kekuasaan rujukan (referent power)
Kekuasaan yang dimiliki oleh seseorang atau kelompok yang didasarkan pada indentifikasi pemberi pengaruh yang menjadi contoh atau panutan bagi yang dipengaruhi. (karisma, keberanian, simpatik dan lain-lain).

26 Apr 2010

TUGAS 7 (ORGANISASI DAN METHODE)

1. Sebutkan perbedaan antara Keputusan dengan pengambilan keputusan !

Jawab :
Keputusan yaitu suatu reaksi terhadap beberapa solusi yang menganalisa kemungkinan-kemungkinan. Setiap keputusan akan membuat pilihan terakhir, dapat berupa tindakan atau opini.

Pengambilan keputusan adalah tindakan menentukan pilihan di antara opsi-opsi yang ada.

2. Sebutkan dan jelaskan proses pengambilan keputusan !
Jawab :
• Intelligence : Pengumpulan informasi untuk mengidentifikasikan permasalahan.
• Design : Tahap perancangan solusi dalam bentuk alternatif2 pemecahan masalah.
• Choice : Tahap memilih dari solusi dari alternatif2 yg disediakan.
• Implementation : Tahap melaksanakan keputusan dan melaporkan hasilnya.

3. Menurut pendapat saudara mana yang lebih baik, mengambil keputusan sendiri atau mengambil keputusan secara kelompok ? jelaskan !

Jawab :
Menurut saya lebih baik mengambil keputusan secara kelompok karena setiap orang berpendapat berbeda-beda jadi keputusan bisa di sepakati bersama untuk memilih keputusan yang baik dan benar secara kelompok.

4. Mengapa setiap orang yang membuat suatu keputusan selalu dihadapkan dengan kondisi certainly, risk dan uncertainly, jelaskan pendapat saudara ?

Jawab :
• Certainty (kepastian) yaitu Jika semua informasi yg diperlukan untuk membuat keputusan diketahui secara sempurna & tdk berubah
• Risk (risiko) yaitu Jika informasi sempurna tidak tersedia, tetapi seluruh peristiwa yg akan terjadi besarta probabilitasnya diketahui
• Uncertainty (ketidakpastian) yaitu Jika seluruh informasi yg mungkin terjadi diketahui, tetapi tanpa mengetahui probabilitasnya masing-masing

20 Apr 2010

TUGAS 6 (ORGANISASI DAN METHODE)

1. Banyak istilah yang digunakan untuk menyebut motivasi, sebutkan minimal 5 istilah tsb?
Jawab : Motivasi adalah sebuah alasan atau dorongan seseorang untuk bertindak. Istilahnya : suatu dorongan, mengarahkan , menggerakan, pemicu, desakan kebutuhan, keinginan yang harus tercapai.

2. Jelaskan dan gambarkan model proses teori motivasi?
Jawab : motivasi di pandang sebagai proses psikologis dasr yang terdiri atas berbagai kebutuhan,dorongan,dan tujuan.sedangkan pada proses pada motivasi fisiologis yang merupakan motivasi alamiah(biologis) seperti lapar,haus
→Model proses teori motivasi adalah….
proses teori motivasi————–>proses psikologis——————–>kebutuhan——-> dorongan
proses teori motivasi ————->fisiologis——————–>haus———>lapar
3. Perbedaan Antara Teori movitas yang di perkenalkan oleh :

mc.gregor Abraham Maslow David MC Celland Herzberg
1.Rata-rata para pekerja itu malas ,tidak suka bekerja dan akan menghidarinya bila dapat. 1.Abraham maslow adalah seseorang psikolog konsep teorinya menjelaskan suatu hirarki kebutuhan (Hierarchy of need) yang menunjukan adanya 5 tingkatan keinginan dan kebutuhan manusia . 1.seseorang dianggap mek mempunyai motivasi prestasi yang tinggi apabila dia mempunyai keinginan untuk berprestasi lebih baik dari pada yang lain dalm banyak situasi 1.menurut Herzberg memliki 2 faktor yang mempengaruhi motivasi kerja seseorang dalam organisasi yaitu:
A.pemuas kerja(job satisfier) B.ketidakpuasan kerja(job dissafisfiers)
2. karna pada dasar nya pekerjan tidak suka berkerja ,maka harus di paksa dikendalikan,diperlukan,dengan hukuman dan di arahkan untuk mencapaian tujuan organisasi. 2.kebutuhan dasar pada teori ini ada 5 yaitu:
A.kebutuhan fisiologis
B.kebutuhan keamanan
C.kebutuhan sosial
D.kebutuhan penghargaan
E.kebutuhan aktualisasi diri 2.memusaatkan perhatian pada 3 kebutuhan manusian menurut David MC Celland:
A.kebutuhan prestasi
B.kebutuahan afiliasi
C.kebutuhan kekuasaan

13 Apr 2010

TUGAS 4 (ORGANISASI DAN METHODE)

1. Sebutkan suatu contoh spesifik konflik peranan dalam kasus ini !
Jawab :
Konflik yang terjadi pada kasus ini adalah individual. Dimana Liem Siaw bok merasakan ketidakpusan terhadap pimpinannya atau kinerja kerjanya. Dia merasa tidak puas dengan pembayaran yang dia terima karena tidak sesuai dengan kerja kerasnya, disamping itu dia juga merasakan konflik terhadap keluarganya yang tidak mempunyai kepedulian terhadapa masalah yang dihadapinya dalam pekerjaanya.

2. Apa pola interaksi dalam jendela johari yang dapat menjelaskan hubungan Liem dengan atasannya ? dengan pengurus serikat buruh?
Jawab :
• Pola interaksi hubungan liem dengan atasannya menurut jendela johari adalah Unknown area dimana pola ini merujuk pada perilaku, perasaan dan motivasi yang tidak diketahui baik oleh dirinya sendiri tetapi tidak diketahui oleh orang lain juga.

• Pola interaksi hubungan Liem dengan pengurus serikat buruh menurut jendela johari yaitu Blind Area dimana pola ini yang menentukan bahwa orang lain sadar akan sesuatu tapi kita tidak. Sehingga dengan mendapatkan masukan dari orang lain, blind area akan berkurang. Makin kita memahami kekuatan dan kelemahan diri kita yang diketahui orang lain, maka akan bagus dalam bekerja tim.

3. Apa tpe strategi penyelesaian konflik yang dikemukakan oleh pengurus serikat buruh ? apakah saudara berpendapat bahwa masalah-masalah sebenarnya yang dihadapi Liem adalah kondisi kerja dan gaji? Mengapa atau mengapa tidak ?
Jawab :
Tipe strategi penyelesaian konflik yang dikemukakan oleh pengurus serikat buruh bertipe kompetisi atau dominasi (penekanan) dimana tipe ini memiliki persamaan makna yaitu kkkeduanya menekan konflik dan bukan memecahkannya dengan memaksanya “tenggelam” kebawah permukaan mereka menciptakan situai yang menang dan yang kalah. Pihak yang kalah biasanya terpaksa memberikan jalan kepada yang lebih tinggi kekuasaannya, menjadi kecewa dan dendam. Penekanan dan dominasi bias dinyatakan dalam bentuk pemaksaan sampai dengan pengambilan keputusan denagn suara terbanyak (voting).

Iya , karena mulai dari situasi tersebut Liem Siaw Bok mendapatkan banyak konflik termasuk dengan keluarganya sendiri. Karena adanya ketidakpuasan yang dirasakan dalam hal pekerjaan dan gaji yang tidak seimbang dengan kerja kerasnya.

4. Apabila ada, apa yang dapat dilakukan untuk membantu Liem Siaw Bok dalam dhidupnya ?
Jawab :
Sebaiknya dalam menyelesaikan konflik ini Liem Siaw Bok harus menyelesaikannya dengan tipe konflik kompromi yaitu penyelesaian masalah dengan menemukan dasar yang ditengah dari dua pijak yang berkonflik (win-win solution) Karen dengan cara ini dapat lebih memperkecil kemungkinan untuk munculnya permusuhan yang terpendam dari dua belah pihak yang berkonflik karena tidak ada yang merasa menang atau kalah.


teman kelompok : tri anita yesi

TUGAS 5 (ORGANISASI DAN METODA)

1. Apa yang anda ketahui tentang konflik ?
Jawab :
Menurut saya, konflik adalah sesuatu yang di inginkan tidak tercapai,
Konflik yaitu perbenturan antara dua pihak yang tengah berjumpa dan bersilang jalan pada suatu titik kejadian, yang berujung pada terjadinya benturan.Konflik akan timbul karena suatu perbedaan pendapat, konflik mengidentikkan pertentangan.

2. Apa yang menyebabakan timbulnya konflik diantara kelompok ?
Jawab :
Yang menyebabkan timbulnya konflik antar kelompok karena perbedaan pendapat masing-masing. Di antara dua pihak atau lebih merasa tidak memiliki kesamaan tujuan dan bias terjadi konflik.

3. Mengapa orang berpendapat bahwa pertentangan kelompok itu negative ?
Jawab :
Karena pertentangan kelompok negative itu sebuah masalah besar dan bisa terjadi perpecahan antara belah pihak dan juga mengakibatkan perkelahian, kebencian antar sesame.

4. Menurut jenisnya konflik ada 4 yaiu : Personal role conflict, Inter role conflict, Intersender conflict, Intrasender conflict. Berikan masing-masing contohnya !
Jawab :
Contohnya
• Personal role conflict : saya pernah mengalami saat saya mempunyai oraganisasi, dan mempunyai ketua dalam organisasi itu. Ketua tersebut membuat peraturan dalam organisasi itu tetapi saya tidak mau mengikuti peraturan yang sudah dibuat oleh ketua organisasi dan saya tidak melaksanakan peraturan yang sudah dibuat.
• Inter role conflict : saya pernah melihat seorang pekerja dalam suatu perusahaan, seorang perja tersebut mempunyai dua jabatan sekaligus.
• intersender conflict : saya pernah melihat ketika guru ingin memenuhi harapan-harapan siswa yang ingin mengadakan perpisahan sekolah di berbeda tempat yang mereka inginkan ditempat yang berbeda-beda
• Intrasender conflict : saya pernah melihat ditempat perusahaan yang customernya ingin mendapatkan data informasi yang lengkap tentang penjualan diperusahaan tersebut, tetapi penjelasan dari pegawai itu tidak efisien

5. Mengapa hidup ini harus ada konflik ?
Jawab :
Karena setiap orang berbeda pendapat jadi ada konflik.
Dan karena jika ada konflik di hidup ini kita bisa tau dimana letak kesalahan kita agar bisa jadi pelajaran dan memperbaiki kesalahan lebih baik lagi