16 Mar 2010

TUGAS 2 (Organisasi dan Metode)

1. Apakah seorang manajer dari suatu perusahaan kecil (katakanlah 25 karyawan) juga pelu menetapkan struktur organisasi? Jelaskan pendapat saudara
Jawab :
Menurut saya, sangat penting sekali walaupun perusahaan kecil menetapkan struktur organisasi untuk mencapai tujuan organisasi dan menyelesaikan kegiatan-kegiatan secara efisien.
Karena, Struktur Organisasi menunjukkan berbagai kegiatan yang ada di dalam organisasi dibagi, dikelompokkan dan dikoordinasikan . Segala kegiatan suatu perusahaan, ada suatu hubungan antara orang-orang yang menjalankan kegiatan- kegiatan. Organisasi merupakan suatu hal yang penting agar seorang pemimpin dapat mengadakan pembagian tugas yang jelas diantara karyawannya. Dengan adanya organisasi ini, seorang pemimpin dapat melakukan pengontrolan terhadap kegiatan yang dilakukan.
Untuk itu, perlu adanya suatu struktur organisasi yang dapat memberikan gambaran yang jelas tentang hubungan kegiatan dalam perusahaan itu.

2. Jabarkan masing-masing organisasi dimana anda pernah masuki? Dan Apakah dari organisasi tersebut mempunyai dampak bagi kehidupan anda? Jelaskan!

Jawab :
Organisasi formal : merupakan organisasi secara sadar yang mempunyai tujuan bersama untuk melakukan kerja yang bersifat rasional.
Organisasi informal : merupakan organisasi yang tercipta karena adanya hubungan antar pribadi yang secara tidak sadar terjadi keberadaannya tanpa didasarkan pada hubungan wewenang formal pada struktur organisasi maupun kesepakatan tujuan bersama.

Dan Saya mengikuti di dalam organisasi informal yaitu sewaktu dulu saya masih sekolah di SMP saya pernah mengikuti kegiatan PASKIBRA (Pasukan Pengibar Bendera) dampak kehidupan yang saya dapat, saya jadi lebih tahu dan mengerti cara baris-berbaris yang benar dengan mempunyai aturan-aturan.

3. Menurut saudara mana bentuk organisasi yang sehat dan sempurna? Jelaskan!

Jawab :
Menurut saya bentuk organisasi yang sehat dan sempurana adalah organisasi yang mempunyai kerjasama yang efisien, tanggung jawab bersama, dan mempunyai hasil tujuan yang tercapai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar