13 Apr 2010

TUGAS 4 (ORGANISASI DAN METHODE)

1. Sebutkan suatu contoh spesifik konflik peranan dalam kasus ini !
Jawab :
Konflik yang terjadi pada kasus ini adalah individual. Dimana Liem Siaw bok merasakan ketidakpusan terhadap pimpinannya atau kinerja kerjanya. Dia merasa tidak puas dengan pembayaran yang dia terima karena tidak sesuai dengan kerja kerasnya, disamping itu dia juga merasakan konflik terhadap keluarganya yang tidak mempunyai kepedulian terhadapa masalah yang dihadapinya dalam pekerjaanya.

2. Apa pola interaksi dalam jendela johari yang dapat menjelaskan hubungan Liem dengan atasannya ? dengan pengurus serikat buruh?
Jawab :
• Pola interaksi hubungan liem dengan atasannya menurut jendela johari adalah Unknown area dimana pola ini merujuk pada perilaku, perasaan dan motivasi yang tidak diketahui baik oleh dirinya sendiri tetapi tidak diketahui oleh orang lain juga.

• Pola interaksi hubungan Liem dengan pengurus serikat buruh menurut jendela johari yaitu Blind Area dimana pola ini yang menentukan bahwa orang lain sadar akan sesuatu tapi kita tidak. Sehingga dengan mendapatkan masukan dari orang lain, blind area akan berkurang. Makin kita memahami kekuatan dan kelemahan diri kita yang diketahui orang lain, maka akan bagus dalam bekerja tim.

3. Apa tpe strategi penyelesaian konflik yang dikemukakan oleh pengurus serikat buruh ? apakah saudara berpendapat bahwa masalah-masalah sebenarnya yang dihadapi Liem adalah kondisi kerja dan gaji? Mengapa atau mengapa tidak ?
Jawab :
Tipe strategi penyelesaian konflik yang dikemukakan oleh pengurus serikat buruh bertipe kompetisi atau dominasi (penekanan) dimana tipe ini memiliki persamaan makna yaitu kkkeduanya menekan konflik dan bukan memecahkannya dengan memaksanya “tenggelam” kebawah permukaan mereka menciptakan situai yang menang dan yang kalah. Pihak yang kalah biasanya terpaksa memberikan jalan kepada yang lebih tinggi kekuasaannya, menjadi kecewa dan dendam. Penekanan dan dominasi bias dinyatakan dalam bentuk pemaksaan sampai dengan pengambilan keputusan denagn suara terbanyak (voting).

Iya , karena mulai dari situasi tersebut Liem Siaw Bok mendapatkan banyak konflik termasuk dengan keluarganya sendiri. Karena adanya ketidakpuasan yang dirasakan dalam hal pekerjaan dan gaji yang tidak seimbang dengan kerja kerasnya.

4. Apabila ada, apa yang dapat dilakukan untuk membantu Liem Siaw Bok dalam dhidupnya ?
Jawab :
Sebaiknya dalam menyelesaikan konflik ini Liem Siaw Bok harus menyelesaikannya dengan tipe konflik kompromi yaitu penyelesaian masalah dengan menemukan dasar yang ditengah dari dua pijak yang berkonflik (win-win solution) Karen dengan cara ini dapat lebih memperkecil kemungkinan untuk munculnya permusuhan yang terpendam dari dua belah pihak yang berkonflik karena tidak ada yang merasa menang atau kalah.


teman kelompok : tri anita yesi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar